Langsung ke konten utama

Kemandirian Umat Islam


Kali ini saya mengambil judul "Kemandirian Umat Islam". Mungkin masyarakat di Indonesia sering melihat setiap kali ada pembangunan masjid atau musholla, pasti panitia pembangunan akan membuat palang serta ada petugas yang bertugas untuk menerima (atau meminta) infaq dan shodaqoh dari pengguna jalan. Ini mungkin sudah menjadi hal biasa bagi kita. Bahkan ada yang mengguanakan dalil bahwa dengan berbuat seperti itu, petugas telah mengetuk pintu hati orang lain agar bershodaqoh. Namun apakah prasangka itu juga menjadi hal yang sama bagi orang non muslim ? bisa ya, bisa juga tidak.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-Jumu'ah Ayat 9-11

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ (9) فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (10) وَإِذَا رَأَوْا تِجَارَةً أَوْ لَهْوًا انْفَضُّوا إِلَيْهَا وَتَرَكُوكَ قَائِمًا قُلْ مَا عِنْدَ اللَّهِ خَيْرٌ مِنَ اللَّهْوِ وَمِنَ التِّجَارَةِ وَاللَّهُ خَيْرُ الرَّازِقِينَ ( 11


Artinya "(9). Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (10). apabila telah ditunaikan shalat, Maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. (11). dan apabila mereka melihat perniagaan atau permainan, mereka bubar untuk menuju kepadanya dan mereka tinggalkan kamu sedang berdiri (berkhotbah). Katakanlah: “Apa yang di sisiAllah lebih baik daripada permainan dan perniagaan”, dan Allah Sebaik-baik pemberi rezki." (QS. Al-Jumu’ah: 9-11)

Dari terjemahan ayat diatas, sudah jelas bahwa Allah SWT menyeru kepada hambanya untuk mandiri. Memiliki etos kerja yang tinggi dan totalitas serta mecari ridho Allah SWT (high performance). Hal ini dimaksudkan agar kita tidak menjadi peminta-minta. Dengan kekuatan finansial yang tinggi, kita tidak perlu lagi membuka palang / stand di pinggir jalan. Orang kaya yang dermawan akan dengan sendirinya datang dan memberi infaq / shodaqohnya untuk pembangunan, bahkan untuk pemberdayaan umat Islam.

Mungkin terblesit pertanyaan dalam benak kita. Di sekitar kita banyak orang Islam yang kaya. Tapi kenapa mereka hanya sedikit sekali menyisihkan penghasilan mereka untuk pemberdayaan masyarakat. Apakah mungkin mereka belum terketuk hatinya untuk menginfaqkan sebagian harta mereka ???

Bebagai pertanyaan itulah yang timbul jika melihat fenomena sekarang, dimana orang yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin terjepit dalam kemiskinan. Karena itu Allah SWT menyerukan agar kita selalu menyebar di muka bumi Allah SWT untuk mencari rizki-Nya. 

Kemandirin mutlak diperlukan bagi orang islam. Tidak hanya dalam biang ekonomi, tetapi kemandirian dalam segala hal, baik pendidikan, sosial, politik, dan lain sebagainya. Hal ini dimaksudkan agar derajat masyarakat islam tidak terimage sebagai kaum peminta-minta, tetapi menjadi pemberi shodaqoh. 

Sebagaimana Sabda Rosulullah Muhammad SAW 

خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ

Artinya : "“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”

Menjadi jiwa yang bermanfaat bagi orang lain itu harus menjadi karakter pribadi muslim. Hadits tersebut sesuai dengan firman Allah SWT diatas (QS. Al-Jumu’ah: 9-11). Dalam Surat Al Isro' ayat 7 Allah juga berfirman :

إِنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ ۖ وَإِنْ أَسَأْتُمْ فَلَهَا ۚ فَإِذَا جَاءَ وَعْدُ الْآخِرَةِ لِيَسُوءُوا وُجُوهَكُمْ وَلِيَدْخُلُوا الْمَسْجِدَ كَمَا دَخَلُوهُ أَوَّلَ مَرَّةٍ وَلِيُتَبِّرُوا مَا عَلَوْا تَتْبِيرًا

Artinya : “Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri, dan apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) yang kedua, (Kami datangkan orang-orang lain) untuk menyuramkan muka-muka kamu dan mereka masuk ke dalam mesjid, sebagaimana musuh-musuhmu memasukinya pada kali pertama dan untuk membinasakan sehabis-habisnya apa saja yang mereka kuasai.” (QS. Al-Isra:7)

Dari berbagai penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa Kemandiri Umat Islam sangat diperlukan, bahkan bisa dikatakan wajib, karena Allah SWT sudah menyerukan hal tersebut dalam Kitab Suci Al Qur'an serta juga sudah dijelaskan oleh Hadits Rosulullah Muhammad SAW. Kita berdo'a semoga Allah SWT senantiasa menjadi yang terbaik untuk Umat Islam. Amin ya robbal 'alamin.

Wallahu A'lam Bishawab
"dan Hanya ALLAH yang Maha Mengetahui"

#1day1nspiration
#NGOPI Ngobrol Pakai Inspirasi Islami
#KhazanahAswaja

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Susunan Lengkap PBNU 2015 - 2020

Tak kenal maka tak sayang, itulah yang sering kita dengar. Sebagai seorang nahdliyin (Nahdlatul Ulama), mungkin sebagian besar tidak tahu siapa saja yang menjadi pengurus NU di pusat, atau biasa disebut dengan istilah PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) yang berpusat di Ibu Kota Negara, yaitu Jakarta. Mayoritas para nahdliyin hanya mengikuti secara ritual ibadah mengikuti ASWAJA, namun dalam hal keorganisasian agak sedikit "kurang", semoga ini dapat mengingatkan kembali nama-nama pengurus besar NU : MUSTASYAR K.H. Maemun Zubair Dr. K.H. Ahmad Mustofa Bisri K.H. Nawawi Abdul Jalil K.H. Abdul Muchit Muzadi Prof. Dr. K.H. M. Tholhah Hasan K.H. Dimyati Rois K.H. Makhtum Hannan K.H. Muhtadi Dimyathi AGH Sanusi Baco TGH Turmudzi Badruddin (NTB) K.H. Zaenuddin Djazuli K.H. Abdurrahman Musthafa (NTT) K.H. M. Anwar Manshur K.H. Habib Luthfi bin Yahya K.H. Sya’roni Ahmadi K.H. Ahmad Syatibi K.H. Syukri Unus Dr. H. M. Jusuf Kalla Prof. Dr. Chotibul Umam Prof. Dr. Tengku H. Mus

Politik di Bungkus Agama atau Agama di Bungkus Politik

Banyak elemen masyarakat yang alergi dengan politik, bahkan tukang becak dipinggir jalanpun sempat berkata "sopo wae seng dadi, aku tetep dadi tukang becak" kalau dalam bahasa Indonesia dapat saya artikan "siapapun yang jadi pemimpin, saya tetap jadi tukang becak". Hal ini terjadi mungkin masyarakat, utamanya elemen bawah sudah sangat kecewa dengan penguasa hasil politik. Mereka menganggap politik adalah sarana untuk menimbun kekayaan pribadi dan golongan, bukan untuk mensejahterahkan rakyatnya. Bahkan lebih ironis lagi, mereka menganggap kebijakan apapun yang dikeuarkan pemimpin, akan selalu merugikan mereka. Karena hal itulah banyak masyarakat saat pesta demokrasi berlangsung, mereka seakan tidak tertarik sama sekali, walaupun sebenarnya ada harapan mereka kepada penguasa terpilih agar bisa mensejahterahkan kalangan bawah. Sebenarnya didalam agama Islam sudah diatur segala segi kehidupan manusia, bahkan diluar manusiapun Islam mengaturnya. Islam a

Mabadi Khairo Ummah

Mabadi khairo ummah adalah gerakan pembentukan identitas dan karakter warga Nahdlatul 'Ulama melalui penanaman nilai - nilai yang dapat dijadikan prinsip dasar atau dengan kata lain Mabadi khairo ummah adalah prinsip dasar untuk membentuk umat terbaik. Mababadi Khairo Ummah merupakan langkah awal untuk pembentukan umat terbaik (Khairo Ummah). Hal ini diperlukan oleh keluarga besar Nahdlatul Ulama agar bisa melaksanakan kiprah NU yang Amar Ma'ruf Nahi Munka r. Kalimat Khairo Ummah diambil dari kandungan Al-Quran Surat Ali Imran ayat 110 yang berbunyi: كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ ۗ وَلَوْ آمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ ۚ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ "Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekirany