Langsung ke konten utama

Solusi dalam Kesulitan



Agama Islam selalu mengajarkan bahwa manusia itu wajib untuk selalu berusaha atau berikhtiar. Sedang usaha / ikhtiar itu sendiri ada 2 (dua) macam, yaitu ikhtiar batin dan iktiar lahir.

Pertama ikhtiar batin. Dalam bahasa lain ikhtiar batin disebut juga berdo'a. Allah SWT selalu menyerukan kepada hambanya-Nya agar selalu berdo'a setiap saat dimanapun an kapanpun. Minimal pada saat sholat 5 waktu. Setiap rakaat setelah takbir, diwajibkan membaca surat Al Fatihah. Dalam surat alfatihah ayat 5 yang berbunyi :

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

Artinya : "hanya Engkaulah yang Kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah Kami meminta pertolongan". (QS. Alfatihah : 5)

Dari terjemahan ayat tersebut jelas perintah Allah SWT bahwa hanya kepada-Nya kita selalu menyembah, selalu beribadah, berbagai bentuk tingkat laku kita hanyaah untuk Allah SWT semata. Dalam kalimat selanjutnya dijelaskan hanya kepada Allah sajalah manusia itu berdo'a dan meminta pertolongan dalam situasi dan kondisi apapun. Dalam sehari semalam sholat sebanyak 5 waktu, berarti membaca Alfatihah sebanyak 17 kali. Sebanyak itulah manusia telah mengikrarkan diri bahwa manusia akan menyambah hanya kepada Allah SWT dan hanya kepada Allah pula manusia akan meminta pertolongan.

Kedua adalah ikhtiar batin. Ikhtiar batin yang dimaksud adalah ikhtiar secara fisik, selalu berusaha untuk menyesaikan segala persoalannya, karena sungguhnya Allah selalu memberi cobaan berupa kesulitan selalu bersamaan dengan kemudahan segala solusinya. Tinggal manusia sendiri itulah mau berusaha atau tidak.Ikhtiar batin dan ikhtiar lahir harus dilaksanakan dengan seimbang. Tidak hanya dilaksanakan salah satu saja. 

Jika hanya melakukan ikhtiar batin ibaratnya orang yang lumpuh kakinya tetapi ia ingin berjalan. terbentang didepannya hamparan yang luas, tetapi ia tak dapat mencapainya karena tak berjalan mendekati dan meraihnya. Sedangkan ikhtiar lahir dan berdo'a ibarat orang buta yang akan berjalan. Tak ada cahaya dalam kehidupannya. terbentang hamparan luas didepannya, tetapi ia bingung akan kemana karena gelap gulita yang ada di depannya.

Tak selesai sampai di situ saja. Ikhtiar batin dan ikhtiar lahir harus dilaksanakan secara istiqomah. Artinya ajeg atau terus menerus. Kedua ikhtiar tersebut selalu dilaksanakan setiap hari kapanpun dan dimanapun dengan niatan hanya untuk mencari ridho Allah SWT. Jika Allah SWT sudah ridho, maka apapun yang dilakukan oleh manusia segalanya akan menjadi mudah.
Setelah semua dilaksanakan, ikhtiar batin, ijhtiar lahir secara istiqomah, maka kewajiban manusia adalah tawakkal, artinya pasrah kepada Allah SWT atas segala hasilnya nanti. Hanya Allah SWT yang tahu yang terbaik untuk manusia, namun Allah SWT tak akan sia-sia usaha seorang hamba, karena Allah SWT Maha Mengetahui dan Maha Memberi Kemudahan. Firman Allah SWT dalam surat Ali Imroh ayat 159 :

فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

Artinya : "Artinya: Apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Ny". (QS. Ali Imron : 159)

Walaupun Allah SWT sudah menentukan takdir seorang hamba, tetapi Allah tetap mewajibkan hamba-Nya untuk selalu berikhtiar lahir batin. Karena Allah tak marubah nasib seseorang / kaum kecuali orang / kaum itu yang merubahnya sendiri. Sebagaimana dalam firman Allah SWT dalam surat Ar Ra'd ayat 11 :

إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ

Artinya : “Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (QS. Ar-Ra’d : 11)

Allah SWT yang menentukan segala dan tahu yang terbaik buat hamba-Nya karena itu segala ketentuan Allah setala kita berikhtiar secar isqiqomah, kemudia pasrah, maka apapun hasilnya kita selalu bersabar dan selalu mensyukuri nikmat Allah SWT. Sabda Rosulullah Muhammad SAW :

عَنْصُهَيْبِالرُّوْمِيِّرضقَالَ: قَالَرَسُوْلُاللهِص: عَجَبًاِلاَمْرِاْلمُؤْمِنِ،اِنَّاَمْرَهُلَهُكُلَّهُخَيْرٌ،وَلَيْسَذلِكَِلاَحَدٍاِلاَّلِلْمُؤْمِنِ. اِنْاَصَابَتْهُسَرَّاءُشَكَرَفَكَانَخَيْرًالَهُ. وَاِنْاَصَابَتْهُضَرَّاءُصَبَرَ،فَكَانَخَيْرًالَهُ. مسلم




Dari Shuhaib Ar-Rumiy RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh mengagumkan urusannya orang mukmin itu, semua urusannya menjadi kebaikan untuknya, dan tidak didapati yang demikian itu kecuali pada orang mukmin. Apabila dia mendapatkan kesenangan dia bersyukur, maka yang demikian itu menjadi kebaikan baginya. Dan apabila dia ditimpa kesusahan ia bershabar, maka yang demikian itu pun menjadi kebaikan baginya”. [HR. Muslim]

Semoga Allah SWT selalu menjadi kita golongan orang-orang yang selalu bersabar dan mensyukuri segala nikmatnya. 

Amin ya robbal 'alamin.
Wallahu A'lam Bishawab
"dan Hanya ALLAH yang Maha Mengetahui"


#1day1nspiration
#NGOPI Ngobrol Pakai Inspirasi Islami
#KhazanahAswaja

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Susunan Lengkap PBNU 2015 - 2020

Tak kenal maka tak sayang, itulah yang sering kita dengar. Sebagai seorang nahdliyin (Nahdlatul Ulama), mungkin sebagian besar tidak tahu siapa saja yang menjadi pengurus NU di pusat, atau biasa disebut dengan istilah PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) yang berpusat di Ibu Kota Negara, yaitu Jakarta. Mayoritas para nahdliyin hanya mengikuti secara ritual ibadah mengikuti ASWAJA, namun dalam hal keorganisasian agak sedikit "kurang", semoga ini dapat mengingatkan kembali nama-nama pengurus besar NU : MUSTASYAR K.H. Maemun Zubair Dr. K.H. Ahmad Mustofa Bisri K.H. Nawawi Abdul Jalil K.H. Abdul Muchit Muzadi Prof. Dr. K.H. M. Tholhah Hasan K.H. Dimyati Rois K.H. Makhtum Hannan K.H. Muhtadi Dimyathi AGH Sanusi Baco TGH Turmudzi Badruddin (NTB) K.H. Zaenuddin Djazuli K.H. Abdurrahman Musthafa (NTT) K.H. M. Anwar Manshur K.H. Habib Luthfi bin Yahya K.H. Sya’roni Ahmadi K.H. Ahmad Syatibi K.H. Syukri Unus Dr. H. M. Jusuf Kalla Prof. Dr. Chotibul Umam Prof. Dr. Tengku H. Mus

Politik di Bungkus Agama atau Agama di Bungkus Politik

Banyak elemen masyarakat yang alergi dengan politik, bahkan tukang becak dipinggir jalanpun sempat berkata "sopo wae seng dadi, aku tetep dadi tukang becak" kalau dalam bahasa Indonesia dapat saya artikan "siapapun yang jadi pemimpin, saya tetap jadi tukang becak". Hal ini terjadi mungkin masyarakat, utamanya elemen bawah sudah sangat kecewa dengan penguasa hasil politik. Mereka menganggap politik adalah sarana untuk menimbun kekayaan pribadi dan golongan, bukan untuk mensejahterahkan rakyatnya. Bahkan lebih ironis lagi, mereka menganggap kebijakan apapun yang dikeuarkan pemimpin, akan selalu merugikan mereka. Karena hal itulah banyak masyarakat saat pesta demokrasi berlangsung, mereka seakan tidak tertarik sama sekali, walaupun sebenarnya ada harapan mereka kepada penguasa terpilih agar bisa mensejahterahkan kalangan bawah. Sebenarnya didalam agama Islam sudah diatur segala segi kehidupan manusia, bahkan diluar manusiapun Islam mengaturnya. Islam a

Mabadi Khairo Ummah

Mabadi khairo ummah adalah gerakan pembentukan identitas dan karakter warga Nahdlatul 'Ulama melalui penanaman nilai - nilai yang dapat dijadikan prinsip dasar atau dengan kata lain Mabadi khairo ummah adalah prinsip dasar untuk membentuk umat terbaik. Mababadi Khairo Ummah merupakan langkah awal untuk pembentukan umat terbaik (Khairo Ummah). Hal ini diperlukan oleh keluarga besar Nahdlatul Ulama agar bisa melaksanakan kiprah NU yang Amar Ma'ruf Nahi Munka r. Kalimat Khairo Ummah diambil dari kandungan Al-Quran Surat Ali Imran ayat 110 yang berbunyi: كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ ۗ وَلَوْ آمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ ۚ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ "Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekirany